
Matematika - 2
- menghitung benda 10 – 30
Petunjuk: Jawablah pertanyaan berikut dengan cara mengisi jawaban di tempat yang telah disediakan !
contoh : berapa buahkah jumlah jagung ?
jawab : 15
penjelasan : jumlah jagung yang tampil adalah 15 buah jagung
1. berapa buahkah jumlah gunting ?
2. berapa ekorkah jumlah lebah ?
3. berapa ekorkah jumlah kupu-kupu ?
4. berapa buahkah jumlah kipas ?
5. berapa buahkah jumlah topi ?
6. berapa ekorkah jumlah kuda ?
7. berapa buahk jumlah sisir ?
8. berapa buahkah jumlah ember ?
9. berapa buahkah jumlah payung ?
10. berapakah buahkah jumlah baju ?
- mengenal penjumlahan 3 bilangan
Petunjuk: Isilah soal-soal di bawah ini dengan cara mengisi jawaban ditempat yang telah disediakan !
1.
2.
3.
4.
5.
6.
7.
8.
9.
10.
- mengenal pengurangan dua bilangan
Tujuan: anak dapat belajar pengurangaan dua bilangan dengan satu angka.
Petunjuk: isilah soal-soal berikut ini dengan cara mengisi jawaban di tempat yang telah disediakan.
contoh :
pada bilangan pertama terdapat 2 kelinci,
pada bilangan kedua terdapat 1 kelinci,
jadi 2 - 1 = 1
1.
2.
3.
4.
5.
6.
7.
8.
9.
10.
- menjumlahkan bilangan 1 – 10 bagian 2
Petunjuk: isilah soal-soal berikut ini dengan cara menjumlahkan terlebih dahulu gambar-gambar yang tampil !
contoh :
Penjelasan : 2 keong + 2 keong = 4 keong
2 + 2 = 4
jawabannya adalah 4
1.
2.
3.
4.
5.
6.
7.
8.
9.
10.
- mengenal bilangan 21 - 50
Tujuan: anak dapat mengenal dan menulis lambang bilangan dari 21 sampai dengan 50.
Petunjuk: tulislah lambang bilangan dari soal-soal berikut !
contoh : bagaimanakah penulisan lambang bilangan dari dua puluh satu ?
jawab : 21
1. bagaimanakah penulisan lambang bilagan dari dua puluh tiga ?
2. bagaimanakah penulisan lambang bilangan dari dua puluh delapan ?
3. bagaimanakah penulisan lambang bilangan dari tiga puluh ?
4. bagaimanakah penulisan lambang bilang dari tiga puluh dua ?
5. bagaimanakah penulisan lambang bilang dari tiga puluh lima ?
6. bagaimanakah penulisan lambang bilang dari tiga puluh tujuh ?
7. bagaimanakah penulisan lambang bilang dari empat puluh satu ?
8. bagaimanakah penulisan lambang bilang dari empat puluh empat ?
9. bagaimanakah penulisan lambang bilang dari empat puluh enam ?
10. bagaimanakah penulisan lambang bilang dari lima puluh ? - mengenal lambang bilangan 11-20
Tujuan: anak dapat belajar mengenal lambang bilangan 11 - 20 dengan cara menghitung gambar yang tampil.
Petunjuk: jawablah pertanyaan-pertanyaan berikut dengan cara menghitung terlebih dahulu gambar yang tampil, kemudian isilah lambang bilangannya !contoh : berapa jumlah topi ......
jawab : 12
1. berapa jumlah buku ......
2. berapa jumlah tas ......
3. berapa jumlah bola ......
4. berapa jumlah ikan ......
5. berapa jumlah lebah ......
6. berapa jumlah cermin ......
7. berapa jumlah gunting ......
8. berapa jumlah kursi ......
9. berapa jumlah baju ......
10. berapa jumlah kaset ......
- mengenal hari bagian-1
Tujuan: anak dapat mengenal nama-nama hari.
Petunjuk: simak pertanyaan berikut ini lalu jawab pertanyaannya!
contoh 1: hari minggu adalah hari ke ........
jawab: 1
contoh 2: apabila hari ini hari selasa, maka dua hari lagi adalah hari ........
jawab: kamis
1. hari senin adalah hari ke ........
2. hari selasa adalah hari ke ........
3. hari rabu adalah hari ke ........
4. hari kamis adalah hari ke ........
5. hari jumat adalah hari ke ........
6. hari sabtu adalah hari ke ........
7. hari ini hari rabu, besok hari apa?
8. kemarin hari kamis, dua hari lagi hari apa ya?
9. hari ini hari senin, jika hari senin minggu depan tanggal 17, tanggal berapakah sekarang?
10. hari ini hari minggu tanggal 21 maka hari rabunya adalah tanggal ........ - mengenal hari bagian 2
Tujuan: anak dapat mengenal nama-nama hari.
Petunjuk: jawablah pertanyaan di bawah ini dengan memilih salah satu jawaban yang benar !
1. hari kamis adalah hari yang ke ...... a. 4 b. 5 c. 6 d. 7
2. hari yang keberapakah hari jumat itu ? a. 3 b. 4 c. 5 d. 6
3. hari selasa adalah hari ke ...... a. 3 b. 4 c. 5 d. 6
4. hari yang ke berapakah hari senin itu ? a. 1 b. 2 c. 3 d. 4
5. hari minggu adalah hari ke ...... a. 3 b. 6 c. 1 d. 5
6. hari rabu adalah hari yang ke ...... a. 2 b. 3 c. 4 d. 5
7. hari yang ke berapakah hari sabtu itu ? a. 7 b. 6 c. 5 d. 4
8. hari yang ke-2 adalah hari ...... a. jumat b. sabtu c. minggu d. senin
9. disebut hari apakah hari yang ke-4 ? a. minggu b. senin c. selasa d. rabu
10. hari yang ke-6 adalah hari ...... a. jumat b. sabtu c. minggu d. senin - mengenal angka 1-10 bagian 4
Tujuan: anak dapat menghitung gambar dari 1 sampai sepuluh.
Petunjuk: jawablah pertanyaan di bawah ini dengan memilih salah satu jawaban yang benar !
1. berapakah jumlah kodok ?
a. 1 b. 2 c. 3 d. 4
2. berapakah jumlah burung ?
a. 5 b. 6 c. 7 d. 8
3. berapakah jumlah singa ?
a. 6 b. 7 c. 8 d. 9
4. berapakah jumlah anjing ?
a. 7 b. 8 c. 9 d. 10
5. berapakah jumlah kelelawar ?
a. 7 b. 8 c. 9 d. 10
6. berapakah jumlah unta ?
a. 6 b. 5 c. 4 d. 3
7. berapakah jumlah kuda ?
a. 4 b. 5 c. 6 d. 7
8. berapakah jumlah kupu-kupu ?
a. 6 b. 7 c. 8 d. 9
9. berapakah jumlah gajah ?
a. 1 b. 2 c. 3 d. 4
10. berapakah jumlah ikan ?
a. 2 b. 3 c. 4 d. 5 - mengenal angka 1-10 bagian 5
Tujuan: anak dapat menghitung angka 1 sampai 10.
Petunjuk: jawablah pertanyaan di bawah ini dengan memilih salah satu jawaban yang benar !
1. berapakah jumlah buah apel ?
a. empat b. lima c. enam d. tujuh
2. berapakah jumlah potongan buah semangka ?
a. empat b. lima c. enam d. tujuh
3. berapakah jumlah buah jagung ?
a. satu b. dua c. tiga d. empat
4. berapakah jumlah potongan buah alpukat ?
a. satu b. dua c. tiga d. empat
5. berapakah jumlah buah pir ?
a. empat b. lima c. enam d. tujuh
6. berapakah jumlah buah pisang ?
a. tiga b. empat c. lima d. enam
7. berapakah jumlah buah strawberi ?
a. tujuh b. delapan c. sembilan d. sepuluh
8. berapakah jumlah buah labu ?
a. satu b. dua c. tiga d. empat
9. berapakah jumlah buah tomat ?
a. lima b. enam c. tujuh d. delapan
10. berapakah jumlah buah nanas ?
a. tujuh b. delapan c. sembilan d. sepuluh