
Matematika - 1
- mengenal waktu
 Tujuan: anak dapat membaca jam dengan memperhatikan bilangan yang ditunjuk oleh jarum pendek. 
Petunjuk: isilah titik-titik di bawah ini dengan cara memperhatikan gambar jam yang tampil, kemudian isilah jawaban ditempat yang telah disediakan !
1. yang menunjukan pukul 4 terdapat pada gambar . . . a. 
b. 
c. 
d. 
2. yang menunjukan pukul 10 terdapat pada gambar . . . a. 
b. 
c. 
d. 
3. yang menunjukan pukul 5 terdapat pada gambar . . . a. 
b. 
c. 
d. 
4. yang menunjukan pukul 2 terdapat pada gambar . . . a. 
b. 
c. 
d. 
5. yang menunjukan pukul 6 terdapat pada gambar . . . a. 
b. 
c. 
d. 
6. yang menunjukan pukul 9 terdapat pada gambar . . . a. 
b. 
c. 
d. 
7. yang menunjukan jam 12 terdapat pada gambar . . . a. 
b. 
c. 
d. 
8. yang menunjukan pukul 8 terdapat pada gambar . . . a. 
b. 
c. 
d. 
9. yang menunjukan pukul 7 terdapat pada gambar . . . a. 
b. 
c. 
d. 
10. yang menunjukan pukul 11 terdapat pada gambar . . . a. 
b. 
c. 
d. 
- mengenal bentuk segiempat
 Tujuan: anak dapat mengenal macam-macam bentuk segiempat. 
Petunjuk: jawablah pertanyaan-pertanyaan di bawah ini dengan memilih salah satu jawaban yang benar ! 
1. yang manakah bangun segiempat ? a. 
b. 
c. 
d. 
2. 2. yang manakah bangun segiempat ? a. 
b. 
c. 
d. 
3. yang manakah bangun segiempat ? a. 
b. 
c. 
d. 
4. 4. yang manakah bangun segiempat ? a. 
b. 
c. 
d. 
5. yang manakah bangun segiempat ? a. 
b. 
c. 
d. 
6. yang manakah bangun segiempat ? a. 
b. 
c. 
d. 
7. yang manakah bangun segiempat ? a. 
b. 
c. 
d. 
8. yang manakah bangun segiempat ? a. 
b. 
c. 
d. 
9. yang manakah bangun segiempat ? a. 
b. 
c. 
d. 
10. yang manakah bangun segiempat ? a. 
b. 
c. 
d. 
- mengenal waktu (jam)
 Tujuan: anak dapat membaca jam dengan memperhatikan bilangan yang ditunjuk oleh jarum pendek. 
Petunjuk: isilah titik-titik di bawah ini dengan cara memperhatikan gambar jam yang tampil terlebih dahulu kemudian isilah jawaban ditempat yang telah disediakan !
1. pada gambar menunjukan jam . . . 
2. pada gambar menunjukan jam . . . 
3. pada gambar menunjukan jam . . . 
4. pada gambar menunjukan jam . . . 
5. pada gambar menunjukan jam . . . 
6. pada gambar menunjukan jam . . . 
7. pada gambar menunjukan jam . . . 
8. pada gambar menunjukan jam . . . 
9. pada gambar menunjukan jam . . . 
10. pada gambar menunjukan jam . . . 
- mengenal hubungan hari dalam sepekan
 Tujuan: anak dapat mengenal hubungan hari dalam sepekan seperti kemarin lusa, kemarin, sekarang, besok, dan besok lusa. 
Petunjuk: Jawablah soal-soal di bawah ini dengan cara memilih salah satu jawaban yang benar ! 
~ besok : satu hari setelah sekarang/hari ini
~ besok lusa : dua hari setelah sekarang/hari ini
~ kemarin : satu hari sebelum sekarang/hari ini
~ kemarin lusa : dua hari sebelum sekarang/hari ini
1. jika kemarin hari kamis, hari apakah sekarang ? a. rabu b. kamis c. jumat d. sabtu 
2. besok adalah hari jumat, besok lusa adalah hari . . . a. sabtu b. minggu c. senin d. selasa 
3. kemarin adalah hari sabtu, hari apakah besok ? a. sabtu b. minggu c. senin d. selasa 
4. jika sekarang hari kamis kemarin lusa adalah hari . . . a. sabtu b. minggu c. senin d. selasa 
5. besok adalah hari jumat, sekarang hari . . . a. rabu b. kamis c. jumat d. sabtu 
6. kemarin lusa adalah hari senin sekarang hari . . . a. senin b. selasa c. rabu d. kamis 
7. sekarang hari jumat, besok lusa hari . . . a. minggu b. senin c. selasa d. rabu 
8. kemarin adalah hari jumat, kemarin lusa hari . . . a. kamis b. jumat c. sabtu d. minggu 
9. besok lusa adalah hari rabu, jadi besok adalah hari . . . a. senin b. selasa c. rabu d. kamis 
10. hari ini adalah hari jumat, kemarin adalah hari . . . a. senin b. selasa c. rabu d. kamis - Mengenal pengurangan 3 bilangan 1 angka
 Tujuan: anak dapat mengenal dan menyelesaikan soal-soal pengurangan 2 bilangan 2 angka. 
Petunjuk: Jawablah soal-soal pengurangan di bawah ini dengan cara mengisi jawaban di tempat yang telah disediakan ! 
1. 5 - 3 - 1 = . . . 
2. 7 - 1 - 4 = . . . 
3. 4 - 1 - 2 = . . . 
4. 9 - 4 - 3 = . . . 
5. 6 - 2 - 2 = . . . 
6. 8 - 1 - 3 = . . . 
7. 3 - 1 - 1 = . . . 
8. 6 - 3 - 3 = . . . 
9. 9 - 3 - 4 = . . . 
10. 8 - 4 - 1 = . . . - mengenal pengurangan 2 bilangan 2 angka
 Tujuan: anak dapat mengenal dan menyelesaikan soal-soal pengurangan 2 bilangan 2 angka. 
Petunjuk: jawablah soal-soal pengurangan di bawah ini dengan cara mengisi jawaban di tempat yang telah disediakan ! 
contoh : 50 - 10 = . . .
jawab : 40
1. 40 - 20 = . . . 
2. 20 - 10 = . . . 
3. 30 - 10 = . . . 
4. 40 - 30 = . . . 
5. 50 - 20 = . . . 
6. 10 - 10 = . . . 
7. 30 - 20 = . . . 
8. 50 - 30 = . . . 
9. 40 - 10 = . . . 
10. 30 - 30 = . . . - Mengenal pengurangan 1 - 10 bagian II
 Tujuan: anak dapat belajar menyelesaikan soal-soal pegurangan. 
Petunjuk: isilah soal-soal pengurangan di bawah ini dengan benar ! 
1. 
a. 2 b. 3 c. 7 d. 8 
2. 
a. 7 b. 5 c. 2 d. 14 
3. 
a. 10 b. 9 c. 8 d. 11 
4. 
a. 2 b. 12 c. 0 d. 6 
5. 
a. 6 b. 12 c. 10 d. 4 
6. 
a. 3 b. 4 c. 6 d. 2 
7. 
a. 10 b. 1 c. 2 d. 8 
8. 
a. 8 b. 6 c. 2 d. 0 
9. 
a. 1 b. 2 c. 3 d. 4 
10. 
a. 2 b. 3 c. 7 d. 6 - Mengenal pengurangan 1 – 10 bagian I
 Tujuan: anak dapat belajar menyelesaikan soal-soal pengurangan. 
Petunjuk: isilah soal-soal pengurangan di bawah ini dengan benar ! 
contoh : pada gambar yang tampil yaitu : 10 kupu-kupu dikurang 5 kupu-kupu adalah . . .
jawab : 5
1. 
2. 
3. 
4. 
5. 
6. 
7. 
8. 
9. 
10. 
- mengenal penjumlahan tiga bilangan 1 - 20
 Tujuan: anak dapat belajar dan menyelesaikan soal-soal penjumlahan tiga bilangan. 
Petunjuk: isilah soal-soal berikut dengan cara mengisi jawaban ditempat yang telah disediakan ! 
1. 1 + 7 + 1 = . . . 
2. 7 + 2 + 3 = . . . 
3. 4 + 7 + 7 = . . . 
4. 7 + 8 + 2 = . . . 
5. 2 + 6 + 3 = . . . 
6. 4 + 5 + 1 = . . . 
7. 1 + 3 + 4 = . . . 
8. 4 + 7 + 8 = . . . 
9. 8 + 1 + 3 = . . . 
10. 9 + 5 + 6 = . . . - mengenal penjumlahan tiga bilangan 1 - 10
 Tujuan: anak dapat belajar dan menyelesaikan soal-soal penjumlahan tiga bilangan. 
Petunjuk: isilah soal-soal berikut dengan cara mengisi jawaban di tempat yang telah disediakan ! 
1. 3 + 1 + 3 = . . . 
2. 4 + 3 + 2 = . . . 
3. 1 + 4 + 1 = . . . 
4. 6 + 1 + 1 = . . . 
5. 2 + 2 + 2 = . . . 
6. 8 + 1 + 1 = . . . 
7. 1 + 2 + 5 = . . . 
8. 4 + 2 + 1 = . . . 
9. 2 + 1 + 7 = . . . 
10. 2 + 1 + 6 = . . . 






