Kamis, 10 Mei 2012

SD Kelas 1


Matematika - 1
  • mengenal waktu
  • Tujuan:  anak dapat membaca jam dengan memperhatikan bilangan yang ditunjuk oleh jarum pendek.

    Petunjuk: 
    isilah titik-titik di bawah ini dengan cara memperhatikan gambar jam yang tampil, kemudian isilah jawaban ditempat yang telah disediakan !

    1.  yang menunjukan pukul 4 terdapat pada gambar . . .
      a.
      b.
      c.
      d.

    2.  yang menunjukan pukul 10 terdapat pada gambar . . .
      a.
      b.
      c.
      d.

    3.  yang menunjukan pukul 5 terdapat pada gambar . . .
      a.
      b.
      c.
      d.

    4.  yang menunjukan pukul 2 terdapat pada gambar . . .
      a.
      b.
      c.
      d.

    5.  yang menunjukan pukul 6 terdapat pada gambar . . .
      a.
      b.
      c.
      d.

    6.  yang menunjukan pukul 9 terdapat pada gambar . . .
      a.
      b.
      c.
      d.

    7.  yang menunjukan jam 12 terdapat pada gambar . . .
      a.
      b.
      c.
      d.

    8.  yang menunjukan pukul 8 terdapat pada gambar . . .
      a.
      b.
      c.
      d.

    9.  yang menunjukan pukul 7 terdapat pada gambar . . .
      a.
      b.
      c.
      d.

    10.  yang menunjukan pukul 11 terdapat pada gambar . . .
      a.
      b.
      c.
      d.
     
  • mengenal bentuk segiempat
  • Tujuan:  anak dapat mengenal macam-macam bentuk segiempat.

    Petunjuk:  jawablah pertanyaan-pertanyaan di bawah ini dengan memilih salah satu jawaban yang benar !

    1.  yang manakah bangun segiempat ?
      a.
      b.
      c.
      d.

    2.  2. yang manakah bangun segiempat ?
      a.
      b.
      c.
      d.

    3.  yang manakah bangun segiempat ?
      a.
      b.
      c.
      d.

    4.  4. yang manakah bangun segiempat ?
      a.
      b.
      c.
      d.

    5.  yang manakah bangun segiempat ?
      a.
      b.
      c.
      d.

    6.  yang manakah bangun segiempat ?
      a.
      b.
      c.
      d.

    7.  yang manakah bangun segiempat ?
      a.
      b.
      c.
      d.

    8.  yang manakah bangun segiempat ?
      a.
      b.
      c.
      d.

    9.  yang manakah bangun segiempat ?
      a.
      b.
      c.
      d.

    10.  yang manakah bangun segiempat ?
      a.
      b.
      c.
      d.
     
  • mengenal waktu (jam)
  • Tujuan:  anak dapat membaca jam dengan memperhatikan bilangan yang ditunjuk oleh jarum pendek.

    Petunjuk: 
    isilah titik-titik di bawah ini dengan cara memperhatikan gambar jam yang tampil terlebih dahulu kemudian isilah jawaban ditempat yang telah disediakan !

    1.  pada gambar menunjukan jam . . .
     

    2.  pada gambar menunjukan jam . . .
     

    3.  pada gambar menunjukan jam . . .
     

    4.  pada gambar menunjukan jam . . .
     

    5.  pada gambar menunjukan jam . . .
     

    6.  pada gambar menunjukan jam . . .
     

    7.  pada gambar menunjukan jam . . .
     

    8.  pada gambar menunjukan jam . . .
     

    9.  pada gambar menunjukan jam . . .
     

    10.  pada gambar menunjukan jam . . .
     
     
  • mengenal hubungan hari dalam sepekan
  • Tujuan:  anak dapat mengenal hubungan hari dalam sepekan seperti kemarin lusa, kemarin, sekarang, besok, dan besok lusa.

    Petunjuk:  Jawablah soal-soal di bawah ini dengan cara memilih salah satu jawaban yang benar !
    ~ besok            : satu hari setelah sekarang/hari ini
    ~ besok lusa     : dua hari setelah sekarang/hari ini
    ~ kemarin         : satu hari sebelum sekarang/hari ini
    ~ kemarin lusa  : dua hari sebelum sekarang/hari ini

    1.  jika kemarin hari kamis, hari apakah sekarang ?
      a. rabu
      b. kamis
      c. jumat
      d. sabtu

    2.  besok adalah hari jumat, besok lusa adalah hari . . .
      a. sabtu
      b. minggu
      c. senin
      d. selasa

    3.  kemarin adalah hari sabtu, hari apakah besok ?
      a. sabtu
      b. minggu
      c. senin
      d. selasa

    4.  jika sekarang hari kamis kemarin lusa adalah hari . . .
      a. sabtu
      b. minggu
      c. senin
      d. selasa

    5.  besok adalah hari jumat, sekarang hari . . .
      a. rabu
      b. kamis
      c. jumat
      d. sabtu

    6.  kemarin lusa adalah hari senin sekarang hari . . .
      a. senin
      b. selasa
      c. rabu
      d. kamis

    7.  sekarang hari jumat, besok lusa hari . . .
      a. minggu
      b. senin
      c. selasa
      d. rabu

    8.  kemarin adalah hari jumat, kemarin lusa hari . . .
      a. kamis
      b. jumat
      c. sabtu
      d. minggu

    9.  besok lusa adalah hari rabu, jadi besok adalah hari . . .
      a. senin
      b. selasa
      c. rabu
      d. kamis

    10.  hari ini adalah hari jumat, kemarin adalah hari . . .
      a. senin
      b. selasa
      c. rabu
      d. kamis
     
  • Mengenal pengurangan 3 bilangan 1 angka
  • Tujuan:  anak dapat mengenal dan menyelesaikan soal-soal pengurangan 2 bilangan 2 angka.

    Petunjuk:  Jawablah soal-soal pengurangan di bawah ini dengan cara mengisi jawaban di tempat yang telah disediakan !

    1.  5 - 3 - 1 = . . .
     

    2.  7 - 1 - 4 = . . .
     

    3.  4 - 1 - 2 = . . .
     

    4.  9 - 4 - 3 = . . .
     

    5.  6 - 2 - 2 = . . .
     

    6.  8 - 1 - 3 = . . .
     

    7.  3 - 1 - 1 = . . .
     

    8.  6 - 3 - 3 = . . .
     

    9.  9 - 3 - 4 = . . .
     

    10.  8 - 4 - 1 = . . .
     
     
  • mengenal pengurangan 2 bilangan 2 angka
  • Tujuan:  anak dapat mengenal dan menyelesaikan soal-soal pengurangan 2 bilangan 2 angka.

    Petunjuk:  jawablah soal-soal pengurangan di bawah ini dengan cara mengisi jawaban di tempat yang telah disediakan !
    contoh : 50 - 10 = . . .
    jawab  : 40

    1.  40 - 20 = . . .
     

    2.  20 - 10 = . . .
     

    3.  30 - 10 = . . .
     

    4.  40 - 30 = . . .
     

    5.  50 - 20 = . . .
     

    6.  10 - 10 = . . .
     

    7.  30 - 20 = . . .
     

    8.  50 - 30 = . . .
     

    9.  40 - 10 = . . .
     

    10.  30 - 30 = . . .
     
     
  • Mengenal pengurangan 1 - 10 bagian II
  • Tujuan:  anak dapat belajar menyelesaikan soal-soal pegurangan.

    Petunjuk:  isilah soal-soal pengurangan di bawah ini dengan benar !

    1. 
      a. 2
      b. 3
      c. 7
      d. 8

    2. 
      a. 7
      b. 5
      c. 2
      d. 14

    3. 
      a. 10
      b. 9
      c. 8
      d. 11

    4. 
      a. 2
      b. 12
      c. 0
      d. 6

    5. 
      a. 6
      b. 12
      c. 10
      d. 4

    6. 
      a. 3
      b. 4
      c. 6
      d. 2

    7. 
      a. 10
      b. 1
      c. 2
      d. 8

    8. 
      a. 8
      b. 6
      c. 2
      d. 0

    9. 
      a. 1
      b. 2
      c. 3
      d. 4

    10. 
      a. 2
      b. 3
      c. 7
      d. 6
     
  • Mengenal pengurangan 1 – 10 bagian I
  • Tujuan:  anak dapat belajar menyelesaikan soal-soal pengurangan.

    Petunjuk:  isilah soal-soal pengurangan di bawah ini dengan benar !
    contoh : pada gambar yang tampil yaitu : 10 kupu-kupu dikurang 5 kupu-kupu adalah . . .
    jawab  : 5


    1. 
     

    2. 
     

    3. 
     

    4. 
     

    5. 
     

    6. 
     

    7. 
     

    8. 
     

    9. 
     

    10. 
     
     
  • mengenal penjumlahan tiga bilangan 1 - 20
  • Tujuan:  anak dapat belajar dan menyelesaikan soal-soal penjumlahan tiga bilangan.

    Petunjuk:  isilah soal-soal berikut dengan cara mengisi jawaban ditempat yang telah disediakan !

    1.  1 + 7 + 1 = . . .
     

    2.  7 + 2 + 3 = . . .
     

    3.  4 + 7 + 7 = . . .
     

    4.  7 + 8 + 2 = . . .
     

    5.  2 + 6 + 3 = . . .
     

    6.  4 + 5 + 1 = . . .
     

    7.  1 + 3 + 4 = . . .
     

    8.  4 + 7 + 8 = . . .
     

    9.  8 + 1 + 3 = . . .
     

    10.  9 + 5 + 6 = . . .
     
     
  • mengenal penjumlahan tiga bilangan 1 - 10
  • Tujuan:  anak dapat belajar dan menyelesaikan soal-soal penjumlahan tiga bilangan.

    Petunjuk:  isilah soal-soal berikut dengan cara mengisi jawaban di tempat yang telah disediakan !

    1.  3 + 1 + 3 = . . .
     

    2.  4 + 3 + 2 = . . .
     

    3.  1 + 4 + 1 = . . .
     

    4.  6 + 1 + 1 = . . .
     

    5.  2 + 2 + 2 = . . .
     

    6.  8 + 1 + 1 = . . .
     

    7.  1 + 2 + 5 = . . .
     

    8.  4 + 2 + 1 = . . .
     

    9.  2 + 1 + 7 = . . .
     

    10.  2 + 1 + 6 = . . .
     
     




PowerTool

.

.
Template by : kendhin Honor Jangar