Kamis, 10 Mei 2012

SD Kelas 1

Matematika - 3
  • mengenal angka 1-10 bagian 5
  • Tujuan:  anak dapat menghitung angka 1 sampai 10.

    Petunjuk:  jawablah pertanyaan di bawah ini dengan memilih salah satu jawaban yang benar !

    1.  berapakah jumlah buah apel ?
      a. empat
      b. lima
      c. enam
      d. tujuh

    2.  berapakah jumlah potongan buah semangka ?
      a. empat
      b. lima
      c. enam
      d. tujuh

    3.  berapakah jumlah buah jagung ?
      a. satu
      b. dua
      c. tiga
      d. empat

    4.  berapakah jumlah potongan buah alpukat ?
      a. satu
      b. dua
      c. tiga
      d. empat

    5.  berapakah jumlah buah pir ?
      a. empat
      b. lima
      c. enam
      d. tujuh

    6.  berapakah jumlah buah pisang ?
      a. tiga
      b. empat
      c. lima
      d. enam

    7.  berapakah jumlah buah strawberi ?
      a. tujuh
      b. delapan
      c. sembilan
      d. sepuluh

    8.  berapakah jumlah buah labu ?
      a. satu
      b. dua
      c. tiga
      d. empat

    9.  berapakah jumlah buah tomat ?
      a. lima
      b. enam
      c. tujuh
      d. delapan

    10.  berapakah jumlah buah nanas ?
      a. tujuh
      b. delapan
      c. sembilan
      d. sepuluh
     
  • mengenal angka 1-10 bagian 3
  • Tujuan:  anak dapat belajar menghitung gambar dari 1 sampai 10.

    Petunjuk:  jawablah pertanyaan berikut dengan memilih salah satu jawaban yang benar !

    1.  di bawah ini manakah topi yang berjumlah 3 ?
      a.
      b.
      c.
      d.

    2.  baju yang berjumlah 1 adalah ......
      a.
      b.
      c.
      d.

    3.  manakah sepeda yang berjumlah 4 ?
      a.
      b.
      c.
      d.

    4.  manakah daun yang berjumlah 7 ?
      a.
      b.
      c.
      d.

    5.  capung yang berjumlah 10 yaitu
      a.
      b.
      c.
      d.

    6.  berikut ini beruang yang berjumlah 6 adalah ......
      a.
      b.
      c.
      d.

    7.  kacamata yang berjumlah 5 terdapat pada ........
      a.
      b.
      c.
      d.

    8.  buah semangka yang berjumlah 8 adalah .......
      a.
      b.
      c.
      d.

    9.  yang manakah anak ayam yang mempunyai jumlah 9 ekor ?
      a.
      b.
      c.
      d.

    10.  bunga yang berjumlah 2 adalah .......
      a.
      b.
      c.
      d.
     
  • mengenal angka 1 - 10 bagian 1
  • Tujuan:  anak dapat menghitung angka 1 sampai 10.

    Petunjuk:  perhatikan gambar di bawah ini kemudian isilah berapa jumlahnya!
    contoh: berapa jumlah tulang?
    jawab: 1


    1.  berapa jumlah pensil?
     

    2.  berapa jumlah apel?
     

    3.  berapa jumlah pisang?
     

    4.  berapa jumlah topi?
     

    5.  berapa jumlah payung?
     

    6.  berapa jumlah kuda?
     

    7.  berapa jumlah jeruk?
     

    8.  berapa jumlah sendok?
     

    9.  berapa jumlah tas?
     

    10.  berapa jumlah burung?
     
     
  • mengenal angka 1 – 10 bagian 2
  • Tujuan:  anak dapat menuliskan bilangan yang tampil dengan cara penjumlahan

    Petunjuk:  perhatikan gambar di bawah ini kemudian isilah berapa jumlahnya!
    Contoh: berapa jumlah ikan?
    jawab: satu


    1.  berapa jumlah pohon?
     

    2.  berapa jumlah bebek?
     

    3.  berapa jumlah payung?
     

    4.  berapa jumlah kupu-kupu?
     

    5.  berapa jumlah pensil?
     

    6.  berapa jumlah jagung?
     

    7.  berapa jumlah kado?
     

    8.  berapa jumlah jerapah?
     

    9.  berapa jumlah mobil?
     

    10.  berapa jumlah sendok?
     
     
  • menjumlahkan bilangan
  • Tujuan:  anak dapat menjumlahkan tiap-tiap gambar yang tampil

    Petunjuk:  selesaikan penghitungan dibawah ini dan jawablah pada tempat yang telah disediakan.
    contoh :
    jawab :11


    1. 
     

    2. 
     

    3. 
     

    4. 
     

    5. 
     

    6. 
     

    7. 
     

    8. 
     

    9. 
     

    10. 
     
     
  • mengenal bilangan puluhan dan bilangan satuan 2
  • Tujuan:  anak dapat mengenal puluhan dan satuan.

    Petunjuk:  selesaikan penghitungan dibawah ini dan jawablah pada tempat yang telah disediakan.
    contoh 1: 11 teko = 10 puluhan teko + ........ satuan teko
    jawab:      1


    1.  13 burung = ...... puluhan burung + 3 satuan burung
     

    2.  18 gunting = ........ puluhan gunting + 8 satuan gunting
     

    3.  14 baju = 1 puluhan baju + ...... satuan baju
     

    4.  ...... payung = 1 puluhan payung + 6 satuan payung
     

    5.  11 pensil = ........ puluhan pensil + 1 satuan pensil
     

    6.  15 permen = ........ puluhan permen + 5 satuan permen
     

    7.  ....... kursi = 2 puluhan kursi + 0 satuan kursi
     

    8.  19 tempat tidur = 1 puluhan tempat tidur + ........ satuan tempat tidur
     

    9.  17 senter = ....... puluhan senter + 7 satuan senter
     

    10.  ........ sepeda = 1 puluhan sepeda + 2 satuan sepeda
     
     
  • mengenal bilangan puluhan dan bilangan satuan
  • Tujuan:  anak dapat membedakan bilangan puluhan dan bilangan satuan.

    Petunjuk:  selesaikan penghitungan dibawah ini dan jawablah pada tempat yang telah disediakan.
    contoh 1: 11 = 10 + ........
    jawab: 1

    contoh 2: 11 = ........ puluhan + 1 satuan
    jawab: 1 

    1.  12 = 10 + ........
     

    2.  17 = 10 + ........
     

    3.  11 = 10 + ........
     

    4.  14 = 10 + ........
     

    5.  16 = ........ puluhan + 6 satuan
     

    6.  15 = 1 puluhan + ........ satuan
     

    7.  13 = 1 puluhan + ........ satuan
     

    8.  20 = ........ puluhan + 0 satuan
     

    9.  18 = ........ puluhan + 8 satuan
     

    10.  19 = 1 puluhan + ........ satuan
     
     
  • penjumlahan soal cerita
  •  
    Tujuan:  anak dapat menyimak soal cerita dan mampu melakukan penghitungan dari soal tersebut.

    Petunjuk:  simak soal cerita berikut lalu jawab pertanyaannya!
    contoh: udin mempunyai 1 buku, lia mempunyai 2 buku dan siska mempunyai 3 buku. berapa jumlah buku mereka seluruhnya?
    jawab: 6

    1.  budi membeli pensil untuk budi 1 buah, ibu membelikan lagi budi 3 pensil, berapa pensil budi sekarang?
     

    2.  ali mempunyai 5 kelereng, ali memberikan 2 kelerengnya kepada tomi, berapa sisa kelereng ali sekarang?
     

    3.  dewi dibelikan baju seminggu lalu 4 buah, sekarang baju dewi robek 1 buah, berapa sisa baju dewi sekarang?
     

    4.  tono memetik mangga 2 buah, tini memetik mangga 3 buah, berapa mangga mereka sekarang?
     

    5.  wina membeli 3 pisang goreng, pisang goreng itu dimakan adiknya 1 buah, berapa sisa pisang goreng wina?
     

    6.  sebulan yang lalu ayah membeli 2 pasang kaos kaki, kemarin ayah membeli lagi 4 pasang kaos kaki, berapa pasang kaos kaki yang ayah miliki sekarang?
     

    7.  tika mempunyai 10 buah jeruk, malam hari tika mengupas 2 buah jeruk, berapa sisa buah jeruk tika sekarang?
     

    8.  ibu menggoreng ikan 2 ekor, sorenya ibu menggoreng lagi 5 ekor ikan, berapa jumlah ikan yang ibu goreng?
     

    9.  bibi membeli 3 ikat sayur bayam, esok harinya bibi membeli lagi 6 ikat sayur bayam, berapa ikat sayur bayam yang telah bibi beli?
     

    10.  opi membeli 10 tusuk sate, ia memberikan kepada adiknya 5 tusuk sate, berapa sisa tusuk sate opi sekarang?
     
  • mengenal penjumlahan angka 1 - 10
  • Tujuan:  anak dapat melakukan penjumlahan angka 1 sampai 10.

    Petunjuk:  hitunglah angka-angka dibawah ini!
    contoh: 1 + 1 = ......
    jawab: 2

    1.  1 + 3 = ........
     

    2.  2 + 1 = ........
     

    3.  3 + 2 = ........
     

    4.  2 + 4 = ........
     

    5.  1 + 1 = ........
     

    6.  3 + 5 = ........
     

    7.  5 + 5 = ........
     

    8.  3 + 4 = ........
     

    9.  5 + 4 = ........
     

    10.  3 + 3 = ........
     
     
  • mengenal pengurangan angka 1 - 10
  • Tujuan:  anak dapat melakukan pengurangan angka 1 sampai 10.

    Petunjuk:  hitunglah angka-angka dibawah ini!
    contoh: 1 - 1 = ......
    jawab: 0

    1.  2 - 1 = ........
     

    2.  4 - 2 = ........
     

    3.  5 - 3 = ........
     

    4.  3 - 2 = ........
     

    5.  4 - 1 = ........
     

    6.  7 - 2 = ........
     

    7.  10 - 2 = ........
     

    8.  8 - 2 = ........
     

    9.  9 - 5 = ........
     

    10.  8 - 1 = ........
     
     
  • mengenal penjumlahan dan pengurangan angka 1 - 10
  • Tujuan:  anak dapat melakukan penghitungan penjumlahan dan pengurangan.

    Petunjuk:  jumlahkan dan kurangi angka-angka berikut ini!
    contoh: 1 + 2 = 2 + …
    jawab: 1

    1.  3 + 1 = 2 + …
     

    2.  2 + 3 = 3 + …
     

    3.  1 + 4 = 4 + …
     

    4.  3 – 1 = … , maka 3 = 1 + …
     

    5.  4 – 2 = … , maka 4 = 2 + …
     

    6.  2 – 1 = … , maka 2 = 1 + …
     

    7.  5 – 4 = … , maka 5 = 4 + …
     

    8.  1 + 2 = 4 - …
     

    9.  5 – 2 = 1 + …
     

    10.  6 – 3 = 1 + …
     
     
PowerTool

.

.
Template by : kendhin Honor Jangar