Kamis, 10 Mei 2012

D Kelas 1



Pendidikan Kewarganegaraan dan Pendidikan Sosial
  • goldi ikan emasku
  • Tujuan:  anak dapat menyimak bacaan dan mengerti akan isi bacaan tersebut.

    Petunjuk:  pilihlah jawaban dengan tepat!


            sebentar lagi liburan sekolah. iwan dan keluarganya akan mengunjungi rumah nenek di surabaya. meskipun liburan masih 2 minggu lagi, iwan sudah tidak sabar menunggu hari libur tiba.
            iwan mempunyai seekor ikan mas yang sangat ia sayangi bernama goldi. setiap pulang sekolah, iwan selalu bermain dengannya. Ia merawat goldi dengan baik. iwan rajin memberi makan dan membersihkan akuarium goldi.
            masa liburan tiba, iwan bersama keluarganya pun berangkat kerumah nenek. Ia sudah membayangkan kue bolu buatan nenek yang sangat lezat. di dalam pikirannya, iwan hanya membayangkan apa yang akan ia kerjakan selama liburan di surabaya.
            rencananya iwan hanya akan menginap selama tiga hari, tetapi karena betah, iwan meminta pada ayah dan ibunya untuk menginap selama seminggu. iwan lupa akan goldi ikan masnya dimana tidak ada yang merawat dan memberinya makan.
            setelah seminggu di rumah nenek iwan akhirnya pulang. alangkah terkejutnya iwan melihat ikan masnya mati.  iwan sangat sedih dan merasa bersalah karen telah menelantarkan peliharaannya tanpa ada yang merawat dan memberinya makan.  iwan benar-benar menyesal.
            sejak kematian goldi, iwan terlihat murung.  karena ayah merasa kasihan, suatu hari sepulang dari kantor, ayah memberikan kejutan yaitu seekor ikan mas. iwan terkejut dan benar-benar merasa senang atas pemberian ayahnya itu. ia berjanji untuk merawat ikan mas yang baru itu sebaik-baiknya dan tidak akan mengulangi kesalahannya lagi.

    1.  binatang apakah goldi itu?
      a. kucing
      b. burung
      c. ikan emas
      d. anjing

    2.  selama liburan iwan pergi kemana?
      a. rumah paman
      b. dirumah teman
      c. rumah nenek
      d. rumah bibi

    3.  apa yang iwan bayangkan dalam perjalanan ke rumah nenek?
      a. rumah nenek
      b. kue bolu nenek
      c. jalan-jalan di surabaya
      d. sekolah

    4.  berapa lama iwan dan keluarganya menginap di surabaya?
      a. satu minggu
      b. tiga hari
      c. lima hari
      d. satu bulan

    5.  mengapa iwan mengubah rencana untuk menginap dirumah nenek selama seminggu?
      a. merasa betah
      b. ingin bersenang-senang
      c. tidak boleh pulang
      d. tidak ingin pulang

    6.  selama dirumah nenek, siapakah yang merawat goldi?
      a. ayah
      b. ibu
      c. nenek
      d. tidak ada

    7.  sepulang dari rumah nenek, kenapa iwan terkejut?
      a. goldi mati
      b. goldi hilang
      c. akuarium hilang
      d. akuarium pecah

    8.  apa yang ayah berikan kepada iwan?
      a. ikan mas
      b. kucing
      c. uang
      d. mainan

    9.  apa yang iwan rasakan saat ayah memberikan kejutan?
      a. sedih
      b. tidak senang
      c. senang
      d. kecewa

    10.  apa janji iwan kepada ayahnya setelah dibelikan ikan mas baru?
      a. tidak akan memeliharanya
      b. akan dititipkan pada orang lain
      c. tidak akan merawat ikan mas baru
      d. tidak akan menelantarkan ikan mas baru
     
  • manfaat hidup hemat
  • Tujuan:  anak dapat mengerti arti dari hidup hemat dan menerapkannya dalam kehidupan sehari-hari.

    Petunjuk:  simak bacaan dibawah ini lalu pilihlah jawaban dengan tepat!

                lola adalah anak dari keluarga sederhana. ia adalah seorang anak yang rajin, setiap hari ia membantu ibunya membuat kue untuk dijual di pasar. ibunya adalah orangtua tunggal, ayah lola telah lama meninggal karena sakit. ibu lola bekerja keras untuk menghidupi dan membiayai sekolah anak-anaknya.
                setiap berangkat ke sekolah ibu selalu memberikan uang jajan, terkadang ibu memberikan uang jajan lebih jika kuenya habis terjual. uang jajan yang diterima oleh lola tidak semua dihabiskan. sebagian lola sisihkan untuk ditabung, sebagian lagi ia gunakan untuk keperluan sekolah. 
                saat lola pulang sekolah, tiba-tiba adik lola, eka, datang meminta agar lola membelikan baju sekolah yang baru, karena baju yang lama telah usang dan sempit bila dipakai. karena sayang pada adiknya, lola akhirnya berjanji pada eka untuk sesegera mungkin membelikan eka baju baru. lola ingin sekali bilang pada ibunya, tetapi ia urungkan niatnya itu karena beban ibunya sudah cukup berat. lola tidak ingin menambah beban ibunya.
                setiap hari eka selalu menagih janji kakaknya untuk membelikan baju baru. karena didesak oleh adiknya maka lola merelakan uang tabungannya untuk membelikan seragam baru.  lola memecahkan celengan yang telah ia tabung setiap hari.  lalu lolapun menghitung berapa banyak uang yang terkumpul di celengannya itu dan ternyata uangnya lebih dari cukup. Ia kemudian mengambil sebagian uang tabungannya untuk membelikan baju adiknya. selebihnya ia tabung kembali bila sewaktu-waktu dibutuhkan.
                lola merasa senang karena ia dapat memenuhi keinginan adiknya untuk membeli seragam baru tanpa harus menyusahkan ibunya. iapun membatin dalam hati, ternyata menabung itu banyak manfaatnya.

    1.  anak yang bagaimanakah lola itu?
      a. malas
      b. rajin
      c. sombong
      d. cuek

    2.  bagaimanakah kehidupan keluarga lola?
      a. sederhana
      b. tidak mampu
      c. mewah
      d. berkecukupan

    3.  bantuan apa yang lola berikan untuk ibunya?
      a. menjaga adik
      b. memasak
      c. membuat kue
      d. bersantai

    4.  apakah pekerjaan ibu lola?
      a. mencuci pakaian
      b. menjual kue
      c. guru
      d. dokter

    5.  kapankah lola diberikan uang jajan lebih?
      a. saat kue habis terjual
      b. saat kue tidak laku
      c. saat setiap berangkat sekolah
      d. saat memecahkan celengan

    6.  siapakah anggota keluarga lola yang mencari nafkah?
      a. eka
      b. lola
      c. ayah
      d. ibu

    7.  selain digunakan untuk keperluan sekolah, apa yang dilakukan lola terhadap sisa uang jajannya?
      a. ditabung
      b. untuk beli jajanan lagi
      c. bayaran sekolah
      d. diberikan ke adik

    8.  kenapa adik lola, eka, meminta dibelikan baju seragam baru?
      a. karena ingin baju baru
      b. karena jelek
      c. karena bosan
      d. usang dan sempit

    9.  kenapa lola mengurungkan niatnya untuk bilang pada ibu?
      a. tidak peduli
      b. karena malas
      c. tidak ingin menambah beban ibu
      d. dilarang eka

    10.  bagaimanakah perasaan lola setelah ia memenuhi keinginan adiknya?
      a. senang
      b. sedih
      c. kecewa
      d. menyesal
     
  • kasih sayang dalam keluarga
  • Tujuan:  anak mengerti akan arti kasih sayang dalam keluarga dan dapat menerapkannya dalam kehidupan sehari-hari.

    Petunjuk:  pilihlah jawaban yang tepat!

            kasih sayang dalam keluarga
            deny merupakan anak kedua dari keluarga pak rizwar. deny mempunyai ayah dan ibu yang sangat baik, deny juga mempunyai kakak bernama tono serta kakek dan nenek yang juga tinggal bersamanya.
            setiap pagi sebelum berangkat ke sekolah ibu selalu menyiapkan sarapan yang enak. saat berpamitan, ibu selalu mencium kening deny. saat deny sakit terkadang ibu tidak tidur karena menjaganya. ibu sangat perhatian terhadap anak-anaknya. begitu juga dengan ayahnya, pada malam hari saat belajar ayah selalu membimbing dan membantu deny. jika bertanya, ayah selalu menjelaskannya dengan sabar. terkadang saat hari libur ayah suka mengajaknya jalan-jalan untuk bertamasya.
            tono, kakak deny, juga sangat baik dan penyayang. saat deny sedang sedih kakak selalu menghibur dan membuat deny ceria kembali. kak tono sering mengajak deny bermain bersama. ia selalu melindungi deny.
            kakek juga sangat perhatian terhadap deny. ia sering memberikan nasehat kepadanya, terkadang kakek juga suka membuatkan mobil-mobilan dari kulit jeruk untuk deny. sedangkan nenek, suka membacakan dongeng. semua dongeng yang nenek ceritakan semuanya bagus. nenek juga sangat perhatian pada deny. deny sangat bersyukur mempunyai keluarga yang sangat mengasihinya dan hidup di keluarga yang saling menyayangi.

    1.  siapakah yang selalu menyiapkan sarapan?
      a. ayah
      b. ibu
      c. tono
      d. deny

    2.  siapa yang suka menceritakan dongeng?
      a. nenek
      b. kakek
      c. ayah
      d. ibu

    3.  apa yang kakak lakukan saat deny merasa sedih?
      a. mengejek
      b. menertawakan
      c. diam saja
      d. menghibur

    4.  dari apakah kakek membuatkan mobil-mobilan untuk deny?
      a. pelepah pisang
      b. kulit semangka
      c. kulit jeruk
      d. kardus

    5.  bagaimana kakek menunjukkan kasih sayangnya terhadap deny?
      a. memberikan nasehat
      b. mendongeng
      c. bermain bersama
      d. membuat sarapan

    6.  apa yang ibu lakukan saat deny sakit?
      a. dibiarkan saja
      b. tidur
      c. memarahi
      d. menjaganya

    7.  bagaimanakah ayah menjawab pertanyaan deny?
      a. dengan sabar
      b. terburu-buru
      c. diam saja
      d. dengan kasar

    8.  bagaimana perasaan kakek dan nenek terhadap deny?
      a. benci
      b. sayang
      c. biasa saja
      d. tidak suka

    9.  bagaimanakah kak tono menunjukkan rasa sayang saat deny sedih?
      a. menjahilinya
      b. mengganggu
      c. didiamkan saja
      d. menghibur

    10.  bagaimana kehidupan keluarga deny?
      a. saling membenci
      b. tidak peduli
      c. saling menyayangi
      d. selalu bertengkar
  • berbelanja di toserba
  • Tujuan:  anak dapat mengenali tempat kegiatan jual beli.

    Petunjuk:  pilihlah jawaban dengan tepat!

    1.  pada hari minggu saskia bersama ibu berbelanja di toserba, sesampai di sana saskia ingin membeli sepatu, di bagian manakah saskia bisa mendapatkannya?
      a. bagian sepatu
      b. bagian buah-buahan
      c. bagian makanan kecil
      d. bagian perlengkapan dapur

    2.  kemudian, saskia dan ibu membeli buah anggur, dimanakah buah anggur biasanya diletakkan?
      a. bagian kasir
      b. bagian pakaian
      c. bagian kecantikan
      d. bagian buah-buahan

    3.  setelah membeli buah-buahan saskia ingin membeli 1 bungkus permen, dibagian manakah itu?
      a. bagian elektronik
      b. bagian alat tulis
      c. bagian makanan
      d. bagian pakaian

    4.  lalu saskia membeli pulpen dan penghapus untuk sekolah, dimanakah tempatnya?
      a. bagian sepatu
      b. bagian buah-buahan
      c. bagian alat tulis
      d. bagian perlengkapan dapur

    5.  saskia juga membeli minuman ringan, berada di bagian mana?
      a. bagian kasir
      b. bagian makanan
      c. bagian kecantikan
      d. bagian buah-buahan

    6.  sekarang ibu mencari gelas dan piring, dimanakah tempatnya?
      a. bagian perlengkapan makan
      b. bagian buah-buahan
      c. bagian alat tulis
      d. bagian perlengkapan mandi

    7.  ibu juga tidak lupa membelikan baju untuk adik bimo. dimana ibu dapat menemukan baju untuknya?
      a. bagian sepatu
      b. bagian buah-buahan
      c. bagian alat tulis
      d. bagian pakaian

    8.  karena persediaan sabun dan syampu di rumah sudah habis, ibu hendak membeli lagi. dibagian manakah ibu harus mencarinya?
      a. bagian perlengkapan mandi
      b. bagian buah-buahan
      c. bagian alat tulis
      d. bagian perlengkapan dapur

    9.  ibu juga membeli mesin cuci. ayo, dimana tempatnya?
      a. bagian sepatu
      b. bagian elektronik
      c. bagian alat tulis
      d. bagian pakaian

    10.  sekarang ibu akan membayar semua barang-barang yang sudah diambil, maka ibu dan saskia harus ke bagian?
      a. bagian makanan
      b. bagian kasir
      c. bagian elektronik
      d. bagian sepatu
     
  • identitas diri dan keluarga
  • Tujuan:  anak dapat menyebutkan identitas diri serta keluarganya.

    Petunjuk:  pilihlah jawaban dibawah ini dengan tepat!

                namaku iwan dan aku berumur 7 tahun. aku duduk di kelas satu dan bersekolah di sd bakti II. setiap pagi, aku berangkat ke sekolah bersama teman-teman. sebelumnya aku berpamitan lebih dulu kepada orangtuaku. aku mempunyai teman dekat bernama sandy. Ia duduk sebangku denganku dan juga sangat baik padaku.
               di rumah, aku tinggal bersama ayah, ibu, dan adik. ayahku bernama rahmat. beliau bekerja di sebuah percetakan. ayahkulah yang memberikan nafkah untuk kami semua. ayah juga sangat perhatian terhadap keluarganya. ibuku bernama listiya. ibulah yang melahirkan aku dan juga merawatku dari kecil hingga aku besar seperti sekarang. orangtuaku telah membesarkan, menjaga dan mendidikku. adikku bernama sinta. ia masih berumur 3 tahun dan belum bersekolah. aku sangat sayang pada ayah, ibu dan adikku.
                rumahku berada di jalan mawar nomor 4 rt 12 rw 01, kelurahan desa mandiri. pada malam hari dan pada hari libur kami sekeluarga berkumpul dan menonton televisi bersama. itulah keluargaku.

    1.  kelas berapakah iwan?
      a. TK
      b. kelas I
      c. kelas II
      d. kelas III

    2.  di mana iwan bersekolah?
      a. SD Mandiri I
      b. SD Mandiri II
      c. SD Bakti I
      d. SD Bakti II

    3.  dengan siapa sajakah iwan tinggal di rumah?
      a. ayah, ibu dan sinta
      b. ayah, ibu dan sandy
      c. ayah dan ibu
      d. sendiri

    4.  siapakah nama ayah iwan?
      a. listiya
      b. mamat
      c. wawan
      d. rahmat

    5.  dimana pak rahmat bekerja?
      a. kantor pos
      b. percetakan
      c. rumah sakit
      d. kantor

    6.  di jalan apakah rumah iwan?
      a. bakti
      b. mandiri
      c. mawar
      d. melati

    7.  pada saat kapan iwan dan keluarganya berkumpul bersama menonton televisi?
      a. pagi hari
      b. siang hari
      c. sore hari
      d. malam hari

    8.  siapa nama teman sebangku iwan?
      a. sandy
      b. rahmat
      c. sinta
      d. listiya

    9.  sebelum berangkat ke sekolah, apa yang iwan lakukan?
      a. meminta uang
      b. langsung pergi
      c. mengerjakan PR
      d. berpamitan

    10.  dengan siapa iwan berangkat bersama ke sekolah?
      a. ayah
      b. sandy
      c. teman-temannya
      d. sinta
     
  • hidup rukun
  • Tujuan:  anak mengerti arti hidup rukun dan dapat menerapkannya dalam kehidupan sehari-hari.

    Petunjuk:  pilihlah jawaban yang tepat di bawah ini!

           hidup rukun
           wandi dan wati adalah anak yang rajin. setiap pagi mereka berangkat ke sekolah bersama-sama, begitu juga pada saat pulang sekolah. apabila wati masih ada kegiatan, wandi selalu menunggui dengan sabar. jika wati mengalami kesulitan dalam belajar, wandi juga berusaha membantu adiknya itu. wandi dan wati saling menyayangi satu sama lain. 

           setelah pulang sekolah, mereka berdua selalu menyempatkan waktu untuk membantu ibu mengerjakan pekerjaan di rumah. wandi dan wati selalu mematuhi semua perintah dan nasehat ayah dan ibunya; mereka tidak pernah melawan. 

          ayah mereka selalu mengajarkan agar hidup selalu rukun. wati dan wandi diberikan kasih sayang dan mendapat perlakuan yang sama dari orang tuanya. ayah dan ibu mereka adalah orangtua yang bijaksana. saat wati dan wandi berselisih paham, ayah berusaha melerainya agar suasana kembali menjadi tenang dan mereka menjadi rukun kembali. segala masalah selalu diselesaikan bersama.

           setiap malam mereka selalu makan bersama, tidak lupa didahului dengan doa yang dipimpin oleh sang ayah. orang tua mereka selalu mengingatkan mereka untuk hidup saling menyayangi.  ayah selalu berkata pada wati dan wandi bahwa hidup tidak rukun bisa mengakibatkan keributan, perselisihan dan pertengkaran. namun apabila mereka hidup rukun, mereka akan selalu hidup damai. itulah yang selalu diajarkan oleh orangtua wandi dan wati.

    1.  dengan siapa sajakah wandi tinggal di rumah?
      a. ayah dan ibu
      b. ibu
      c. ayah, ibu dan wati
      d. nenek dan kakek

    2.  apakah yang selalu diajarkan oleh ayah kepada wati dan wandi?
      a. mempertahankan pendapat
      b. selalu berselisih paham
      c. agar hidup rukun
      d. menentang orangtua

    3.  bagaimana cara keluarga wandi dan wati menyelesaikan jika terjadi masalah?
      a. didiamkan saja
      b. bertengkar
      c. diselesaikan bersama
      d. berdebat

    4.  bagaimanakah sikap ayah, jika wati dan wandi berselisih paham?
      a. memarahi
      b. melerai
      c. menghukum
      d. didiamkan saja

    5.  apa yang wandi lakukan jika wati mengalami kesulitan dalam pelajaran?
      a. membantu
      b. menyalahkan
      c. meledek
      d. menertawakan

    6.  apa yang dilakukan wandi apabila wati masih ada kegiatan di sekolah?
      a. menunggunya
      b. meninggalkannya
      c. tidak peduli
      d. memarahinya

    7.  bagaimana perasaan wandi dan wati?
      a. saling membenci
      b. saling menyayangi
      c. tidak peduli
      d. saling mengejek

    8.  sebelum makan apa yang biasanya keluarga wandi dan wati lakukan?
      a. mengobrol
      b. bercanda
      c. bertengkar
      d. berdoa

    9.  nasehat apa yang diberikan oleh orang tua wandi dan wati?
      a. selalu rukun dan hidup saling menyayangi
      b. selalu ribut
      c. selalu bertengkaar
      d. mempertahankan pendapat

    10.  apakah akibatnya jika kita tidak hidup rukun?
      a. terjadi keributan, perselisihan dan pertengkaran
      b. akan damai
      c. menyenangkan
      d. hubungan bertambah dekat
     
  • fungsi bagian rumah
  • Tujuan:  anak dapat mengenali fungsi dari masing-masing bagian rumah.

    Petunjuk:  pilihlah jawaban yang tepat dibawah ini!

    1.  tempat kita menerima tamu disebut ...
      a. gudang
      b. kamar mandi
      c. ruang tamu
      d. kamar tidur

    2.  dimanakah tempat kita makan bersama keluarga?
      a. ruang makan
      b. garasi
      c. meja belajar
      d. kamar tidur

    3.  kalau tempat kita beristirahat dan tidur dimana tempatnya?
      a. teras
      b. kamar mandi
      c. kamar tidur
      d. gudang

    4.  jika kita hendak membersihkan tubuh, dimana tempatnya?
      a. ruang dapur
      b. kamar mandi
      c. teras
      d. taman

    5.  biasanya ibu menjemur pakaian di ...
      a. kamar mandi
      b. kamar tidur
      c. tempat jemuran
      d. gudang

    6.  dimanakah tempat kita belajar dan mengerjakan pekerjaan rumah?
      a. meja belajar
      b. gudang
      c. garasi
      d. tempat jemuran

    7.  kalau tempat untuk menyimpan barang-barang bekas atau yang sudah tidak terpakai lagi, dimana?
      a. ruang dapur
      b. teras
      c. gudang
      d. taman

    8.  dimanakah ayah meletakkan mobilnya?
      a. garasi
      b. kamar mandi
      c. kamar tidur
      d. meja belajar

    9.  dimana tempat ibu biasanya memasak setiap hari?
      a. gudang
      b. garasi
      c. dapur
      d. teras

    10.  kalau tempat dimana ayah biasanya membaca koran?
      a. gudang
      b. teras
      c. dapur
      d. garasi
     
  • mengenal rambu-rambu lalu lintas
  • Tujuan:  anak dapat mengenali rambu-rambu lalu lintas.

    Petunjuk:  pilihlah arti yang benar dari rambu-rambu lalu lintas berikut!

    1.  rambu lalu lintas ini artinya apa?
      a. dilarang parkir
      b. dilarang masuk
      c. dilarang berhenti
      d. dilarang berjualan

    2.  kalau rambu yang ini artinya apa?
      a. dilarang berhenti
      b. dilarang berjualan
      c. dilarang masuk
      d. awas banyak anak kecil

    3.  rambu lalu lintas yang ini artinya apa?
      a. dilarang masuk
      b. boleh parkir disini
      c. dilarang membuang sampah
      d. dilarang parkir sepanjang jalan

    4.  rambu lalu lintas yang ini artinya apa?
      a. dilarang belok kiri
      b. dilarang belok kanan
      c. belok kanan tidak boleh sekarang
      d. di depan ada belokan ke kanan

    5.  apa arti rambu lalu lintas ini
      a. disini boleh merokok
      b. dilarang merokok
      c. disini tidak jual rokok
      d. dilarang memotret

    6.  rambu lalu lintas ini artinya apa?
      a. tempat penyebrangan
      b. tempat orang bekerja
      c. gambar ayah dan ibu
      d. ada pertokoan

    7.  kalau yang ini artinya apa?
      a. panah keatas
      b. awas, ada kayu!
      c. gambar segitiga
      d. awas, jalan menanjak!

    8.  arti rambu lalu lintas ini apa?
      a. disini tidak ada truk
      b. truk tidak boleh berhenti disini
      c. truk dilarang masuk
      d. disini tidak jual truk

    9.  bagaimana dengan rambu lalu lintas yang ini?
      a. awas, jalan berkelok!
      b. awas, ada ular!
      c. ini jalan ke puncak
      d. di depan ada gunung

    10.  rambu lalu lintas yang ini artinya apa?
      a. awas, ada anak!
      b. gambar kakak dan adik
      c. taman bermain
      d. disini jual ayunan
     
  • mengenal negara indonesia
  • Tujuan:  anak dapat menambah pengetahuan mengenai negara indonesia.

    Petunjuk:  pilihlah jawaban yang benar pada soal-soal berikut!

    1.  ibu kota negara kita adalah ........
      a. bandung
      b. denpasar
      c. dki jakarta
      d. surabaya

    2.  setiap hari senin diadakan upacara ........
      a. agama
      b. bendera
      c. rumah
      d. kelurahan

    3.  warna merah pada bendera kita berarti ........
      a. berani
      b. abadi
      c. marah
      d. kekal

    4.  warna putih pada bendera kita berarti ........
      a. malas
      b. suci
      c. jujur
      d. pucat

    5.  negara kita dipimpin oleh seorang ........
      a. gubernur
      b. camat
      c. presiden
      d. raja

    6.  presiden RI periode tahun 2004 sampai 2009 adalah ........
      a. Megawati Soekarno Putri
      b. Abdulrahman Wahid
      c. Jusuf Kalla
      d. Soesilo Bambang Yudhoyono

    7.  tanggal kemerdekaan kita adalah ........
      a. 17 Agustus 2005
      b. 17 Agustus 1945
      c. 17 Agustus 1965
      d. 17 Agustus 1925

    8.  bahasa nasional kita disebut dengan bahasa ........
      a. melayu
      b. jawa
      c. inggris
      d. indonesia

    9.  lambang negara kita adalah ........
      a. burung cendrawasih
      b. burung perkutut
      c. burung garuda
      d. burung jalak

    10.  lagu kebangsaan kita ialah ........
      a. garuda pancasila
      b. indonesia raya
      c. padamu negeri
      d. tanah airku indonesia
     
  • mengenal kebersihan dan kerapian
    Tujuan:  anak dapat mengerti arti kebersihan dan kerapian.

    Petunjuk:  pilihlah jawaban yang benar!

    1.  supaya rapi pakaian harus ........
      a. dirobek
      b. dibuang
      c. diseterika
      d. digunting

    2.  buku harus di ........ agar terlihat rapi
      a. sampul
      b. lipat
      c. potong
      d. coret-coret

    3.  setelah belajar buku harus diletakkan di ........
      a. tempat tidur
      b. rak buku
      c. kamar mandi
      d. meja makan

    4.  tugas piket adalah ........ papan tulis
      a. membersihkan
      b. mencoret
      c. memotong
      d. merusak

    5.  kalau kita makan sebaiknya di ........
      a. kamar tidur
      b. meja makan
      c. kamar mandi
      d. meja belajar

    6.  setelah makan permen sebaiknya bungkus permen itu kita ........
      a. simpan
      b. buang di tempat sampah
      c. berikan kepada ibu
      d. buang sembarangan

    7.  setelah bermain, agar terlihat rapi maka seluruh alat permainan sebaiknya disimpan di ........
      a. dapur
      b. lemari
      c. kamar ayah
      d. tidak usah dirapikan

    8.  setelah pulang sekolah kita ganti baju, nah dimana kita harus meletakkan baju yang kotor itu?
      a. lantai
      b. lemari
      c. tempat baju kotor
      d. dapur

    9.  apabila kita melihat kulit pisang tergeletak di jalan, apa yang harus kita lakukan?
      a. mengambil dan membuangnya di tempat sampah
      b. biarkan saja
      c. ditendang ke arah lain
      d. meminta orang lain untuk mengambilnya karena kita jijik

    10.  kalau kita melihat sapu yang tergeletak di lantai kamar maka sebaiknya kita ........
      a. buang
      b. kembalikan ke tempatnya
      c. berteriak dan minta ibu untuk mengambilnya
      d. diam saja
PowerTool

.

.
Template by : kendhin Honor Jangar